Sabtu, 18 Desember 2010

JALAN – JALAN KE TAMAN NASIONAL KEPULAUAN SERIBU


Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan salah satu perwakilan kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km sebelah Utara Jakarta. Sekurangnya terdapat 110 pulau dan semuanya merupakan gugusan pulau karang. Gugusan Kepulauan Seribu menyimpan keindahan alam yang sangat menawan. Simponi pulau-pulau mungil yang hijau, deburan ombak, sinar matahari yang bewarna keemasan pada waktu senja tentunya akan menentramkan hati pengunjung yang berada di Taman Nasional Kepulauan Seribu.

(Kepulauan Seribu)

Untuk akses menuju ke Taman Nasional Kepulauan Seribu :

Melalui Marina Jaya Ancol :

Setiap hari ada kapal cepat khusus melayani pengunjung pada jam 10.00 - 11.00, dengan waktu tempuh antara 1-2 jam. Biaya per-orang 30 ribu + biaya masuk ancol, karena terdapat di dalam ancol

(Marina Jaya Ancol)

Melalui Pelabuhan Muara Angke:

Waktu Tempuh sekitar 2,5 - 3 jam, pada jam 07.00 – 08.00. Berbagai rute kapal menuju beberapa pulau yang ingin di kunjungi tersedia. Biaya per-orang 33 ribu


(Pelabuhan Muara Angke, Jakarta)


Pelabuhan Rawa Saban Cituis Tangerang

Banyak pulau di Taman Nasional Kepulauan Seribu yang menarik untuk di kunjungi, contohnya seperti Pulau Tidung, Pulau Putri, Pulau Pramuka, dll.

Pada Pulau Putri Terdapat Resort yang dapat memanjakan pengunjung. Di pulau ini selain mempunyai pemandangan yang indah, juga di sediakan berbagai macam olah raga air seperti banana boats, snorkeling,dll. Dan juga mempunyai fasilitas aquarium bawah air sehingga pengunjung dapat melihat langsung habitat ikan dan terumbu karang yang terpelihara dengan baik, seperti halnya SeaWord yang terdapat di Ancol.

(Aquarium bawah Laut, Pulau putri)


(Pulau putri)

Sedangkan di Pulau Tidung, Pulau ini juga memiliki pemandangan yang indah. Pulau ini mempunyai dua pulau, yaitu Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung Kecil dengan sebuah jembatan penghubung yang biasa disebut jembatan Cinta. Pada Pulau Tidung besar merupakan salah satu pulau yang dihuni penduduk kepulauan Seribu. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan warga sekitar, karena di pulau tidung besar inilah yang mempunyai berbagai fasilitas, seperti :



1. Penginapan atau Home Stay, harganya berkisar 250 – 400 ribu untuk 1hari (ada yang AC & non-AC)

2. Penyewaan alat Snorkeling, sepeda untuk keliling – keliling pulau dan Perahu untuk keliling – keliling pulau di sekitar pulau tidung





3. Pelabuhan

4. Warung makan, dll.


Untuk Pulau Tidung kecil hanya digunakan sebagai tempat penangkaran tumbuh – tumbuhan, tetapi justu di Pulau Tidung Kecil ini terdapat pemandangan yang bagus, di tambah pemandangan dari jembatan cinta, cocok sekali untuk Spot foto – foto.


(Pulau Tidung Kecil)

Ayoo kunjungi Taman Nasional Kepulauan Seribu, Pasti gag bakalan menyesal... =)

(Visit Jakarta)

source : http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_kepulauanseribu.htm (Luas Kepulauan Seribu)

2 komentar:

  1. keren bro postingan lu...informatif...
    ayo diving bro disana....
    btw,cwe siapa tuh?asik nih....hehe

    BalasHapus
  2. ayook....karimun jawa dulu lha januari ntr,gmana?

    temen2 gw genk(sohib),,hhe

    BalasHapus